Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2025

Table of Contents

Panduan Dapodik


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Panduan Pembaharuan Aplikasi Dapodik versi 2025 telah rilis berbarengan dengan telah rilisnya Aplikasi Dapodik versi 2024.

Aplikasi Dapodik merupakan aplikasi berbasis web yang dipasang ke dalam perangkat komputer/ laptop yang dijalankan melalui peramban seperti Google Chrome dan Mozilla Firefox, dalam proses pengisian data pada Aplikasi Dapodik tidak memerlukan akses internet, internet dibutuhkan saat proses registrasi secara daring, tarik data, dan sinkronisasi.

Proses pengiriman data dilakukan dengan cara sinkronisasi, yaitu mengirimkan data secara dua arah dari lokal ke server pusat atau pun sebaliknya.

Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik versi 2025 ini memuat beberapa pembaruan dan perbaikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Daftar Pembaruan pada Aplikasi Dapodik versi 2025:

  • Penambahan proses bisnis dalam  pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka (dapat  dilakukan secara bertahap atau serentak).
  • Penambahan atribut jabatan GTK di Penugasan GTK.
  • Penambahan fitur penginputan nomor ijazah dan nomor Surat Keterangan Melek Aksara (SUKMA) bagi peserta didik yang telah lulus.
  • Penambahan validasi usia peserta didik bagi jenjang PKBM/ SKB.
  • Perubahan instrumen terkait Impelementasi Insersi Pendidikan Anti Korupsi (PAK).

Daftar Perbaikan pada Aplikasi Dapodik versi 2025:

  • Penonaktifan fitur salin penugasan di menu GTK (dilakukan otomatis oleh sistem).
  • Penonaktifan fitur kenaikan kelas di menu Rombongan Belajar bagi pelaksana IKM Tahun 2024/ 2025.
  • Perbaikan penginputan format NIK pada formulir Peserta Didik dan GTK.
  • Perbaikan profil guru di menu GTK.

Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik versi 2025 ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodik versi 2025 secara mandiri di sekolah.

Melalui Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik versi 2025 ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodik versi 2025 dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah.

Pada panduan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2025 ini ada penjelasan terkait beberapa fitur tambahan yang terdapat pada Dapodik versi 2025.

Untuk itu, silahkan Anda unduh Panduan Pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2025 di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.




Demikianlah Panduan Lengkap Aplikasi Dapodik versi 2025 yang dapat Admin bagikan pada kali ini, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment