Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat

Table of Contents

Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N)


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat adalah informasi kali ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi tentang Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat untuk Anda.

Untuk file dari Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat dapat Anda unduh nanti di akhir postingan ini ya...

FLS2N SD/ MI/ Sederajat diselenggarakan secara bertingkat dari tingkat daerah hingga tingkat nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi.

Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial di bidang seni budaya.

Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 27 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Pengembangan Talenta Indonesia menyatakan bahwa “Balai Pengembangan Talenta Indonesia mempunyai tugas melaksanakan pengembangan talenta peserta didik.” 

Tugas tersebut diimplementasikan dalam salah satu fungsi Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) melalui pelaksanaan ajang talenta. 

Dalam upaya mengembangkan talenta di bidang seni dan budaya, BPTI menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional bagi Peserta Didik Sekolah Dasar yang selanjutnya disebut FLS2N SD.

Penyelenggaraan FLS2N SD sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan jiwa seni peserta didik berkebutuhan khusus karena melalui FLS2N SD akan menumbuhkan rasa cinta terhadap seni sehingga akan memberikan inspirasi mereka untuk melestarikan kesenian Indonesia dan perlindungan terhadap kekayaan budaya bangsa. 

FLS2N SD menggali potensi peserta didik berkebutuhan khusus di bidang seni budaya dan memberi dorongan sehingga timbul motivasi yang kuat untuk beraktualisasi diri dan berkompetisi secara sehat dalam mencapai puncak prestasi sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik SD. 

Selain itu diharapkan agar peserta didik dapat mengembangkan ide-ide dan kreativitasnya di bidang seni serta karya-karya nyata yang diminati oleh peserta didik sejak dini sampai kelak dewasa, sehingga rasa percaya diri terhadap kemampuan yang dimiliki semakin besar.

Pada tahun 2024, FLS2N SD diselenggarakan secara tatap muka pada delapan cabang kesenian yang dilombakan secara berjenjang, mulai dari seleksi tingkat provinsi hingga tingkat nasional. 

Diharapkan setiap provinsi melakukan seleksi dengan meningkatkan kompleksitas materi lomba untuk memperoleh peserta FLS2N SD yang akan berlaga di tingkat nasional dengan kualitas karya yang semakin luar biasa dan membanggakan.

Adapun Tujuan dari Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pengalaman berkompetisi untuk mencapai sumber daya manusia yang unggul di bidang seni.
  • Menumbuhkembangkan etos berkesenian untuk mencapai prestasi yang tinggi dikancah Internasional.
  • Meningkatkan kreativitas peserta didik dalam bidang seni yang berakar pada budaya bangsa.
  • Membangun persahabatan dan karakter peserta didik yang toleran terhadap keberagaman.
  • Mempererat persatuan dan kesatuan peserta didik seluruh Indonesia.

Tema dan Tagar

“MERDEKA BERPRESTASI, TALENTA SENI MENGINSPIRASI”

Tema ini bermakna harapan agar peserta didik memiliki kesempatan untuk berprestasi dan menggali potensi di bidang Seni dengan tagar #merdekaberprestasitalentasenimenginspirasi#

Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat ini disusun untuk memberikan informasi dan gambaran berbagai aspek penyelenggaraan ajang FLS2N SD. 

Kepada para peserta, pendamping, pembina, juri, dan para pemangku kepentingan lainnya. 

Diharapkan dengan Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat ini penyelenggaraan FLS2N SD/ MI/ Sederajat dapat berjalan dengan baik dan lancar. 

Selamat mempersiapkan diri, belajar dan berlatih hingga mencapai prestasi yang membanggakan.

Demikian informasi di atas mengenai Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat, semoga dapat bermanfaat.

Mengenai file dari Pedoman Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini ya...


Pedoman FLS2N 2024 Jenjang SD/ MI/ Sederajat


Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment