Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun)

Table of Contents

Panduan Opsi Sarana CTPS


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) adalah tema dari informasi kali ini.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) untuk Anda.

Adapun file dari Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dapat Anda unduh di akhir postingan ini ya...

Penumbuhan kesadaran pada peserta didik untuk berperilaku Hidup Bersih dan  Sehat (PHBS) perlu dilakukan secara terencana dan kontinu.  

Melalui  pembiasaan PHBS, perilaku kesehatan peserta didik pada gilirannya akan  menjadi habituasi atau kebiasaan yang dilakukan atas kesadarannya. 

Jika  kebiasaan baik tersebut dibawa ke rumah, anggota keluarga lainnya meniru  perilaku baik tersebut maka peserta didik akan menjadi agen pembaharu dan membawa budaya baik dari sekolah ke rumahnya masing-masing.

Penumbuhan kesadaran pada peserta didik Sekolah Dasar (SD) untuk berperilaku Hidup Bersih dan Sehat perlu dilakukan secara terencana dan berkelanjutan.

Melalui pembiasaan hidup bersih (PHBS), perilaku kesehatan peserta didik SD pada gilirannya akan menjadi pembiasaan yang dilakukan atas kesadaran setiap peserta didik. 

Jika kebiasaan baik tersebut dibawa ke rumah, anggota keluarga lainnya meniru perilaku yang baik tersebut, maka peserta didik akan menjadi agen perubahan dan membawa budaya baik dari sekolah ke rumahnya masing-masing. 

Pelaksanaan PHBS di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui program  Usaha Kesehatan Sekolah/ Madrasah (UKS/ M)

UKS/ M merupakan usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan serta perilaku hidup bersih dan sehat pada  peserta didik yang dilakukan  secara menyeluruh dan terpadu. 

Dalam UU Nomor 36  Tahun 2009 Pelaksanaan PHBS di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). 

UKS merupakan usaha untuk membina dan mengembangkan kebiasaan serta perilaku hidup bersih dan sehat pada peserta didik yang dilakukan secara menyeluruh dan terpadu. 

Dalam Undang - Undang Nomor 36 Tahun 2009 pasal 79 tentang Kesehatan, pasal 79 tentang  Kesehatan, ditegaskan bahwa, “Kesehatan  sekolah  diselenggarakan ditegaskan bahwa, “Kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan untuk meningkatkan  kemampuan hidup sehat peserta didik dalam lingkungan hidup sehat sehingga  peserta didik dapat belajar,  tumbuh dan berkembang secara harmonis dan  setinggi-tingginya  sehingga diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia yang berkualitas”.

Catatan: Regulasi Undang - Undang Nomor 36 Tahun 2009 telah dicabut oleh Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2023.

PHBS yang dapat dilakukan di satuan pendidikan banyak sekali jenisnya.  

Salah satunya adalah Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS). 

Cuci tangan pakai sabun  dengan air mengalir diakui secara global sebagai salah satu perilaku  kebersihan yang paling mendasar dengan dampak kesehatan yang besar. 

Dengan alasan ini, promosi perilaku CTPS dengan air mengalir - terutama di waktu kritis, termasuk saat wabah - masih menjadi  pendekatan utama dalam pencegahan penyakit berbasis lingkungan  (diare, cacingan, typus, ISPA), dan pembiasaan hidup bersih dan sehat. 

Di Indonesia, pembiasaan perilaku CTPS menjadi bagian penting dalam  Usaha Kesehatan Sekolah dan Madrasah (UKS/ M) di berbagai tingkatan  sekolah. 

Sekolah perlu mendorong warganya melakukan kebiasaan CTPS untuk mencegah  penyakit. 

Terutama dalam situasi wabah, perilaku CTPS perlu digalakkan sebagai garda terdepan pencegahan dan penyebaran penyakit.

Terlebih saat  terjadi kondisi kritis seperti pandemi atau munculnya wabah penyakit menular misalnya: Diare, Cacingan, Flu Burung, dan Corona (Covid-19), CTPS merupakan salah satu upaya mendasar dalam mencegah penyebaran penyakit tersebut.

Melalui Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) ini, semoga menjadi salah satu upaya kita  dalam meningkatkan kesadaran khususnya peserta didik dalam PHBS, umumnya  warga sekolah dan masyarakat sekitar sekolah.

Untuk informasi selengkapnya tentang Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) dapat Anda unduh filenya pada tab unduhan di bawah ini ya...


Panduan Opsi Sarana CTPS


Demikian informasi di atas mengenai Panduan Opsi Sarana CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun), semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment