Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak

Table of Contents

Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN - Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak.

Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 ini merupakan perubahan atas Permendikbudristek Nomor 26 Tahun 2002 tentang Pendidikan Guru Penggerak.

Bahwa guru yang ditugaskan sebagai kepala sekolah pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan telah memiliki kemampuan yang sama dengan guru penggerak sehingga perlu diberikan rekognisi pembelajaran lampau untuk memperoleh sertifikat guru penggerak. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 26 Tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak belum memenuhi kebutuhan hukum rekognisi pembelajaran lampau bagi guru pada sekolah menengah kejuruan sehingga perlu diubah.

Dalam Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak diatur tentang Pendidikan Guru Penggerak memberikan rekognisi pembelajaran lampau dengan memberikan pengurangan beban belajar terhadap Guru sebagai pelatih ahli pada PSP, Guru sebagai Fasilitator  pada PSP, Guru sebagai Pengajar Praktik pada pendidikan Guru Penggerak, atau Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah yang ditetapkan sebagai pelaksana PSP atau program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan dan telah melaksanakan tugas pada PSP atau program sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan selama 3 (tiga) tahun berturut-turut.

Pengurangan beban belajar terhadap Guru sebagai pelatih ahli pada PSP dan Guru sebagai Fasilitator pada PSP, dan Guru sebagai Pengajar Praktik pada pendidikan Guru Penggerak diberikan paling banyak 76% (tujuh puluh enam persen).

Pengurangan beban belajar terhadap Guru yang memiliki surat keputusan penugasan sebagai kepala sekolah diberikan sebesar 100% (seratus persen).

Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak ini mulai berlaku pada tanggal diundangkan, 21 Agustus 2023.

Selengkapnya mengenai Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:


Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023


Demikian informasi yang dapat Admin sampaikan terkait Permendikbudristek Nomor 52 Tahun 2023 Tentang Pendidikan Guru Penggerak, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment