Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP

Table of Contents

Panduan Lengkap Manajemen Dapodik


INFO DAPODIK & PENDIDIKAN. Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP.

Pada kesempatan kali ini Admin akan membagikan informasi mengenai Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP.

Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP dapat Anda unduh pada tab unduhan di akhir artikel ini.

Manajemen data pokok pendidikan atau yang disingkat Dapodik berguna bagi LPMP serta Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota guna menunjang pelayanan Dapodik di daerah. 

Tugas dan fungsi untuk masing-masing unit kerja yang terkait dengan Dapodik berbeda.

Berikut di bawah ini adalah perbedaan tugas dan fungsi dari masing-masing unit kerja:

  • LPMP: Bertugas memverifikasi serta validasi manajemen pengguna Dinas pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota. Serta ikut dalam mengawal kualitas data dapodik disekolah.

Kemendikbudristek sebagai organisasi pemerintahan telah menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan, bahwa Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah diberikan kewenangan untuk merancang prosedur pengumpulan data, melakukan sosialisasi dan membangun sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang cepat dan efisien serta mengoordinasikan pengumpulan semua data pokok pendidikan dari sekolah yang berada di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Akun pengguna manajemen dapodik bagi Dinas Pendidikan nanti nya akan ditata kembali agar lebih aman dan rapih. 

LPMP sebagai bagaian dari Dapodik nantinya akan mengemban tugas untuk membantu melakukan verifikasi dalam proses pendaftaran akun pengguna bagi Dinas Pendidikan Provinsi, Kabupaten dan Kota.

Tim pendataan dinas pendidikan terbagi menjadi Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Pendidikan Kabupaten/ Kota. 

Dinas Pendidikan yang bertugas sebagai admin Dapodik pada Kelompok Kerja Data Pendidikan (KK Datadik) harus mengirimkan surat penugasan kepada Setditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen dan memverifikasi email agar dapat menggunakan Manajemen Dapodik Dinas Pendidikan.

Pentingnya sebuah sistem yang terintegrasi dikarenakan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional tentu membutuhkan data yang valid dan akurat untuk diolah. 

Hal ini dikarenakan data merupakan komponen penting dalam sebuah sistem informasi untuk nantinya diolah dengan metode tertentu agar menghasilkan sebuah keputusan atau rekomendasi yang nantinya menjadi dasar dalam membuat kebijakan/ perencanaan selanjutnya. 

Perencanaan dapat menjadi pedoman bagi sebuah organisasi dalam mengelola sumberdaya yang dimiliki secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh sebuah organisasi.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP dapat Anda unduh pada tab unduhan di bawah ini:

 

Panduan Manajemen Dapodik Dinas


Demikian informasi yang dapat Admin bagikan mengenai Panduan Lengkap Manajemen Dapodik Dinas & LPMP, semoga dapat bermanfaat.

Terima Kasih.

Salam Satu Data Pendidikan Indonesia.

Post a Comment